Tip Kesehatan | Inilah Tips Sehat ala Rosullullah Nabi Muhammad

MARI SALAMAN - Kembali menghadirkan artikel Islami dengan tema Tip Sehat ala Rosullullah.


Tips Sehat ala Rosullullah Nabi Muhamad
Kesehatan itu benar-benar mahal harganya.Kesehatan seseorang rasanya tak akan mampu digantikan dengan apapun.Terbukti bahwa setiap manusia saling berlomba mencari cara untuk bisa menjaga kesehatan tubuhnya.Tidak satupun umat yang menginginkan tubuhnya terserang oleh sebuah gangguan kesehatan,baik itu ringan hingga gangguan kesehatan yang lebih berat.Tips kesehatan pada akhirnya menjadi hal yang sangat diburu oleh setiap manusia.

Dalam segala sendi kehidupan,setiap umat muslim akan selalu berdasar pada kitab suci Al-Qur'an beserta sunnah-sunnah Rosullullah.Seperti halnya dalam menjaga kesehatan tubuh.Rosullullah telah  memberikan tauladan yang pada hakekatnya merupakan tips kesehatan yang seharusnya kita telaah dengan seksama dan selanjutnya kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa langkah pola hidup Rosullullah yang dapat kita terapkan dalam kehidupan kita.Pola hidup Rosullullah bisa kita jadikan sebagai tips kesehatan dalam usaha menjalani kehidupan sehari-hari yang sehat :

1.DUDUK DI SAAT MAKAN MAUPUN MINUM
Secara logika dapat kita pahami,kenyamanan saat kita makan dan saat kita minum akan kita dapakatkan dengan posisi duduk.Makan maupun minum dalam posisi duduk akan memungkinkan terbukanya saluran pencernaan kita yang selanjutnya akan memudahkan alat percaan kita dalam bekerja mencerna makanan serta minuman yang kita masukkan di dalamnya.

2.JANGAN MEMBEBANI ALAT PENCERNAAN KITA
Rosullulaah selalu berhenti makan sebelum merasa kenyang,hal yang terkandung di dalam tindakan tersebut adalah untuk menghindarkan beban yang terjadi pada alat pencernaan manuasia.Makan yang berlebih akan menimbulkan efek negatif terhadap alat pencernaan manusia.

3.MENGGUNAKAN TANGAN KANAN PADA SAAT MAKAN
Dengan menggunakan tangan kanan untuk memasukkan sebuah makanan ke dalam mulut atau alat pencernaan kita,maka sesungguhnya hal ini akan membuat kerja otak kiri semakin aktif.

4.MANAGEMEN WAKTU UNTUK ISTIRAHAT YANG TEPAT
Rosullullah selalu tepat dalam membagi waktu dalam melakukan aktifitas hidup sehari-hari.Beliau menerapkan konsep pembagian waktu sepertiga hari untuk bekerja,sepertiga hari untuk beribadah dan seprtiga hari lagi untuk beristirahat.Waktu tidur yang di ajarkan Rosullullah adalah 8 jam dalam sehari.

5.KENDALIKAN KERJA ALAT PENCERNAAN
Alat pencernaan manusia sesungguhnya juga membutuhkan saat-saat untuk beristirahat agar mampu memperlancar proses detoksifikasi.Puasa adalah sebuah solusi yang diajarkan oleh Rosullullah.Selain berguna dalam mengendalikan hawa nafsu kita,puasa akan memberikan peluang pada alat pencernaan kita untuk melakukan istirahat.

Demikianlah uraian singkat mengenai tips kesehatan yang diajarkan oleh Rosullullah yang dapat kita amalakan dalam kehidupan kita sehari-hari.Semoga artikel ringan ini bisa bermanfaat untuk anda,khususnya untuk membantu anda dalam mencari solusi mengenai langkah-langkah sehat dalam menciptakan sebuah tubuh yang selalu sehat.

Sampai disini yang dapat kami sampaikan,dan terus berkunjunglah pada situs MARI SALAMAN,agar artikel-artikel Islami yang lainnya akan selalu anda dapatkan.Sekian dan wassalaam.



Comments

Popular posts from this blog

Bacaan Serta Manfaat Do'a Sesudah Sholat,Lengkap Huruf Arab dan Latin

Bacaan Do’a Untuk Kedua Orang Tua Arab dan Latin

Al-Qur'an | Inilah Beberapa Keutamaan Membaca Al-Qur'an