Bacaan Do'a Mau Belajar dan Do'a Sesudah Belajar

Do'a Mau Belajar
Do'a Mau Belajar
MARI SALAMAN, Do'a Mau Belajar - Sebagai seorang muslim tentunya kita harus senantiasa mengingat nama Allah dalam setiap aktifitas yang kita lakukan dalam kehidupan kita. Karena sesungguhnya Islam merupakan sebuah agama yang selalu mengajarkan kepasrahan atas segala sesuatu hanya kepada satu dzat, yaitu Allah Yang Maha Segalanya. Mengingat Allah, dapat kita wujudkan dengan senantiasa berdzikir ke padaNya, yang salah satunya kita wujudkan melalui do'a-do'a.
Islam adalah agama yang menuntut para umatnya untuk selalu mengedepankan penuntutan ilmu dalam diri setiap diri seprang muslim. Karena sesungguhnya semakin tinggi ilmu yang dimilIki oleh seorang muslim, akan semakin meningkatkan pengetahuannya dalam mengenal kebesaran Tuhannya. Oleh karena itu dalam proses belajar dalam menuntut ilmu seorang muslim harus senantiasa memohon ridloNya, agar dalam proses belajar dan menuntut ilmu tersebut akan dapat mendapatkan jalan yang mudah dan mendapatkan hasil ilmu yang bermanfaat. Maka adalah sesuatu yang sangat penting untuk mengawalinya dengan meMbaca sebuah do'a. Dimana do'a tersebut dikenal sebagai do'a mau belajar.

DO'A MAU BELAJAR
Berikut adalah 3 macam do'a yang dapat kita baca sebelum kita melakukan aktifitasa belajar. Anda dapat memilih salah satu diantaranya untuk anda amalkan.

Do'a sebelum belajar yang pertama :
Do'a Mau Belajar
Do'a Mau Belajar 1







Robbi zidni 'ilmaa warzuqnii fahmaa waj'alnii minashshoolihiin
Artinya : Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh "

Do'a sebelum belajar yang kedua :
Do'a Mau Belajar
Do'a Mau Belajar 2






Rodlitubillaahirobbaa wabilislaamidinaa wabimuhammadinnabiyyaa warosuula robbizidnii 'ilmaa warzuqni fahmaa
Artinya : " Kami ridlo Allah Subhanahuwata'ala sebagai Tuhanku, Islam agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepada kami ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik "

Do'a sebelum belajar yang ketiga :
Do'a Mau Belajar
Do'a Mau Belajar 3











Allahumma alhimni i ilmmaa a'rifubihi awamiroka wa a'rifubihi nawaahiyaka warzuqni 
Allahumma bakaghota fahminnabiyyana wafashoohati hifdlilmursaliina  wasur 'ati ilhaamil muqorrobiina wa akrimni
Allahumma binuuril 'ilmi wasur'atil fahmi wa akhrijnii min dlulumaatil wahmi waftahlii abwaaba rohmatika wa'alminii asrooro hikmatika yaa robbal 'aalamiin
Artinya : " Wahai Allah, ilhamilah aku dengan ilmu yang menjadi alat untuk mengetahui semua perintahMu dan berilah aku rizki. Wahai Allah, sampainya kefahaman yang mendalam dari para Nabi dan kefasihan hafalan para Rosul serta cepatnya ilham para malaikat muqorrobiin, maka karuniakanlah kepadaku. Wahai Alla, dengan cahaya ilmu dan cepat tanggap dalam kefahamn serta keluarkanlah aku dari kegelapan, keraguan dan bukakanlah untukku semua pintu Rahmatmu dan ajarkanlah kepadaku rashasia hikmahMu wahai Tuhan semesta alam "

DO'A SESUDAH BELAJAR
Sesuai yang diajarkan di dalam agama Islam, segala sesuatu harus kita awali dengan bacaan do'a dan untuk mengakhiri aktifitas tersebutpun harus kita tutp pula dengan sebuah do'a. Dan berikut adalah do'a penutup setalah kita selesai melakukan proses belajar tersebut. Dimana doa' sesudah belajar tersebut juga memilki tiga macam do'a, kita dapat mengamalkannya satu diantara tiga do'a tersebut.

Do'a sesudah belajar yang pertama :
Do'a Sesudah Belajar
Do'a Sesudah Belajar 1







Allahumma innii istau di'uka maa 'alamtaniihi fardudh hulayya 'ndahaajatii ilaihi walaa tansaniihi yaa robbal'alamiin
Artinya : " Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepadaMu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku,maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya. Dan janganlah Kau buat akau lupa padanya wahai Tuhan yang memeilhara alam "

Do'a sesudah belajar yang kedua :
Do'a Sesudah Belajar
Do'a Sesudah Belajar 2




Allahumma arinal haqqoo warzuqnattibaa'ahu waa rinalbaatila baatila warzuqnajtinaabahu
Artinya : " Ya Alla tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya "

Do'a sesudah belajar ketiga :
Do'a Sesudah Belajar
Do'a Sesudah Belajar 3




Robbanan fa'naa bimaa 'alamtanalladzii yanfa'unaa 'ilmaa walhamdulillaahi 'alaakulli hal
Artinya : " Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkanlah ilmu bagi kami, segala puji bagi Allah salam setiap keadaan "

Dari bacaan do'a mau belajar dan do'a sesudah belajar di atas, dapat kita simpulkan bahwa do'a-do'a tersebut mrupakan sebuah permohonan yang mulia yang kita panjatkan kepada Allah agar proses belajar kita selalu mendapat berkah dan ridlo dari Allah, yang sehingga pada akhirnya ilmu yang kita dapatkan akan bermanfaat bagi kita dan bagi umat lainnya dengan ridlo Allah pula.

Demikianlah yang dapat MARI SALAMAN sampaikan kepada anda pada kesempatan kali ini, semoga uraian di atas dapat bermanfaat bagi anda semua. Amiin Ya Robbal 'alamiin.

Comments

Popular posts from this blog

Bacaan Serta Manfaat Do'a Sesudah Sholat,Lengkap Huruf Arab dan Latin

Bacaan Do’a Untuk Kedua Orang Tua Arab dan Latin

Al-Qur'an | Inilah Beberapa Keutamaan Membaca Al-Qur'an