Bacaan Do’a Sebelum Dan Sesudah Makan Arab dan Latin

Mari Salaman, Do’a Sesudah makan -Islam adalah merupakan salah satu agama yang selalu menjunjung tinggi peradaban manusia dalam segala hal. Segala sendi kehidupan yang ada di dalam seorang yang beragama Isalam senantiasa diatur sedemikian rupa hingga menjadikan kehidupan tersebut menjadi kehidupan yang penuh kepasrahan dan ketawakanlan kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa.

Banyaknya macam dan jenis do’a di dalam agama Islam adalah merupakan salah satu bukti bahwa agama Isalam selalu mengajarkan kepada umatnya untuk selalu ingat kepada Allah yang merupakan satu-satunya tempat untuk memohon perlindungan dalam kehidupan itu sendiri. Cara pengamalan dari do’a-do’a tersebutpun beraneka ragam. Ada do’a-do’a yang dapat diamalkan pada waktu setelah melaksanakan shalat wajib bahkan ada juga do’a-doa yang dapat diamalkan pada tengah malam sesudah shalat isya.

Do’a sebelum dan sesudah makan juga merupakan sebuah amalan yang sangat penting untuk kita amalkan. Doa’ tersebut merupakan sebuah do’a yang menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah, bahwa Allah telah memberikan segala rahmatNya kepada kita sehingga kita dapat menikmati sebuah makanan yang merupakan rzki dari Allah.


Berikut adalah sebuah bacaan do’a yang dapat kit abaca sebelum kita makan :

Bacaan Do'a Sebelum Makan
Bacaan Do'a Sebelum Makan
Allahumma baariklanaa fiimarozaqtanaa waqinaa 'adzaa bannaar
Artinya : " Ya Allah berikanlah kami rizki yang telah Engaku berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka "

BACAAN DO'A SESUDAH MAKAN
Untuk bacaan do'a sesudah makan, berikut adalah doa yang dapat kita baca :

Do'a Sesudah Makan
Do'a Sesudah Makan
Alhamdulillaahilladzii ath'amanaa wasaqoonaa waja'alanaa muslimiin
Artinya : " Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang Islam "

Dan berikut adalah do'a yang dapat kita ucapkan pada saat kita akan minum seteah kita makan : 

Do'a Sesudah Makan
Do'a Sesudah Makan
Alhamdulillaahilladzii ja'alahu'adzban furootaa birohmatihi walam yaj'alhu milhan ijaajam bidzunuubinaa
Artinya : " Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmatNya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami "

Do'a-do'a di atas merupakan do'a yang pendek, sehingga kitapun tidak akan mengalami kesulitan dalam membaca dan menghafalkannya. Semoga apa yang Mari Salaman sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk kita. Khususnya bagi para orang tua tentunya mulai sejak dini dapat mengajarkan do'a sebelum makan maupun do'a sesudah makan kepada anak-anaknya. Dengan do'a tersebut insyaAllah anak-anakpun akan dapat tumbuh sehat walafiat terjauh dari segala macam penyakit. Amiin.

Comments

Popular posts from this blog

Bacaan Serta Manfaat Do'a Sesudah Sholat,Lengkap Huruf Arab dan Latin

Bacaan Do’a Untuk Kedua Orang Tua Arab dan Latin

Al-Qur'an | Inilah Beberapa Keutamaan Membaca Al-Qur'an